Jurus Marketing Untuk UMKM

Jurus Marketing Untuk UMKM

Dalam sebuah proses membangun usaha, sering kita sebagai pemilik usaha mendapatkan tawaran dari banyak pihak. Untuk sekedar menambah jaringan atau benar-benar mendalami skil penopang bisnis tersebut. Begitu banyak para pihak yang merasa bertanggung jawab “seakan” ingin membantu kita sebagai pelaku umkm untuk mendapatkan peluang yang lebih besar. Sering kita bertanya, apa motif mereka dan apakah motove tersebut benar-benar tulus dari para pihak ini?. Sehingga kita sebagai peserta juga tidak bertanya-tanya apakah solusi yang mereka tawarkan benar-benar bekerja untuk kita atau tidak?. Menurut penulis adalah sesuatu yang wajar, ketika pertanyaan ini muncul didalam diri pelaku umkm.

Karena begitu banyak program yang sering diuti oleh umkm lebih banyak berbenturan dengan tujuan utama umkm, tapi lebih pada terjebak pada kebutuhan hidup yang berkompetisi didalam diri pelaku umkm. Sebut contoh sebuah program workshop pemasaran online, yang memang secara subtansi membuat umkm belajar banyak untuk membangun bisnis mereka secara online. Tapi sering membuat prilaku pelaku umkm berubah menjadi partisipant yang mengharapkan ganti trasnport dari penyelenggara 250 K/ per event.

Statement Misi yang Jelas

Nah, dari sisi praktis kemanusian ini penulis ingin menyampaikan sedikit pemicu dalam framing Jurus Marketing Untuk UMKM. Mungkin tidak cocok untuk semua orang tapi setidaknya cocok untuk beberapa orang. Apa itu statement misi?. Pernyataan yang jelas dari sebuah program dengan fokus pada tujuan dan hasil yang ingin didapat. Hal seperti ini sering menjadi kendala bagi banyak pemilik umkm karena ada persoalan kebutuhan hari ini yang bersifat pragmatis. dan ketika statement misi yang dibangun dapat dimengerti oleh pemilik usaha akan menarik pemilik usaha dan individu yang menangkap pesan tersebut, untuk memberikan respon. Ada beberapa perusahaan didunia yang bisa dijadikan sebagai contoh untuk belajar memberikan statemen misi yang jelas.

Sebut Apel atau microsoft, adalah perusahaan dunia yang memberikan kepastian kepada pemuja mereka tentang kemana arah misi usaha perusahaan tersebut. Dengan standar yang tinggi dan kualitas yang mumpuni. Dan ini adalah jurus yang penting bagi sebuah umkm menjalankan usaha mereka karena misi yang jelas akan memperjelas produk ataupun jasa yang diberikan dan manfa’atnya untuk konsumen. Semoga sedikit triger ini bisa memberikan gambaran terhadap pembaca bagaimana sebuah langkah teknis dibangun dari misi bisnis yang jelas dan terukur.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.