Palapa Ring Dampak Pada Bisnis Digital

Palapa Ring Dampak Pada Bisnis Digital

Mungkin ini waktunya kita mulai belajar meyakini bahwa membaca itu penting. Sangat penting, karena diera informasi dan bersliwerannya berita hoax yang sering mengarahkan kita pada informasi yang tidak akurat dan tidak bertanggungjawab. Mengenal sedikit tentang proyek ambisius pemerintah yang hampir terealisasi 70%. Dan dalam waktu dekat 30% lagi akan diselesaikan dalam waktu 1-2 tahun. Seperti itulah sekilas informasi yang beredar di media dan sumber-sumber terperacaya lainnya. Sebagai sebuah kutipan

Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer. Sumber Wikipedia.

Apa dampaknya pada usaha digital yang sendang dibangun dan tumbuh sa’at ini.  Dampaknya tentu terletak pada kecepatan sebaran informasi dan akses pada informasi tersebut. Yang akan memudahkan banyak orang, untuk melek informasi tapi juga sangat mungkin tidak melek hoax.

Infrastruktur seperti ini sangat menjanjikan untuk perkembangan bisnis digital yang sekarang adalah tambang emas yang semakin hari semakin luas bukanya habis karena ditambang. Tapi malah tumbuh dan berkembang pada sesuatu yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Artikel pendek dengan judul Palapa Ring Dampak Pada Bisnis Digital. Hanya bermaksud membuka insight bukan memberikan insight loh.

Akses Informasi Cepat

Dengan kehadiran infrastruktur yang membantu kecepatan sebaran informasi ini. Kita bisa bayangkan hal hal yang tadinya hanya sebatas info mengenai musim ikan pari di sulawesi utara bisa menjadi bagian dari ruang baru berbagi dan validasi.  Atau stok ikan segar dan buah segar, diberbagai daerah dengan sangat cepat bisa diinformasikan keseluruh jaringan digital. Dan dengan kecepatan yang tidak biasa tentunya. Dan kecepatan dalam zaman informasi ini adalah modal dan aset. Dimana jika tidak mampu memaksimalkan peluangnya, maka kita akan terlindas dengan teknologi tersebut. Terlindas dalam arti menjadi pengguna yang tergantung atau mengambil manfa’at terbaik dan memanfa’atkanya untuk membangun atau menciptakan peluang ekonomi dan pendidikan. So guys, itu sekilas dampak dari palapa ring terhadap bisnis dan kesempatan yang bisa diambil dari proyek yang menghubungkan seluruh provinsi dan kabupaten di Indonesia ini. Dengan infrastruktur ini, peluang digital marketing makin luas dan makin menjangkau pasar di pelosok Indonesia.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.