Mercusuar dalam Kegelapan

Mercusuar dalam Kegelapan

Beberapa hari yang lalu penulis menghadiris sebuah perhelatan francher cukup berpengaruh di Indonesia. Sebuah perhelatan jual beli kesempatan bisnis, kemitraan maupun franchise. Kebetulan karena hari itu ada sosialisasi tentang digital marketing, penulis merasa beruntung untuk turut mendengarkan. Tapi jauh pangang dari api, sebagai pendengar yang berharap mendapatkan ilmu baru dan pengetahuan baru. Dari seorang pembicara yang diutus oleh perusahaan platform B to B, memberikan opini dan wawasan yang menyesatkan ke pendengar. Dimana pembicara menyampaikan bahwa pekerjaan SEO bernilai rendah dan harganya lebih murah. Untuk tujuan pemasaran dan digital, sebaiknya mengadalkan iklan digital berbasis platoform google ads. Atau dikenal juga dengan Google Adwords. Sebagai seorang pelaku, pekerja dan pengamat SEO, tentu ini membuat penulis risih dan tidak nyaman. Kaena informasi yang dimunculkan dalam cara berpikir seperti ini adalah informasi “sesat”. Jika kita baca dari banyak sumber referensi, keahlian seorang SEO engginer bisa sangat tidak terbatas. Karena keahlianya terus berkembang dan standarisasi masih sangat sulit, disebakan oleh kompleksnya cara kerja SEO.

Budaya Murah dan Harga Rendah

Bisa dipahami opini ini muncul, karena memang ketidak tahuan banyak pihak dengan skill ini  dan dampaknya pada usaha secara berkelanjutan. Kata kunci “berkelanjutan” adalah kata kunci yang tidak boleh diabaikan ketika sebuah metode dijadikan ujung tombak usaha. Bahkan marketing dan sales, sa’at ini melihat bahwa iklan berbasis digital adalah kunci utama dari pemasaran. Penulis bisa bilang “tidak” hal ini adalah menyesatkan. Karena bagi pemula dan perusahaan awal yang tidak memiliki pendanaan yang cukup menggunakan metode iklan digital, hal ini tentu tergolong memberatkan. Tapi siapa sangka, metode tekni SEO banyak menolong dalam melandaskan sebuah ide bisnis untuk dapat memberikan efek jangaka panjang. Dari sebatas mengeluarkan 100k perhari. Dan kapasitas transaksi hanya mampu di tunaikan dan berpengaruh selama 30 hari . Sementara dengan Teknik SEO, kemuculan pada pencarian dan kemudahan ditemukan bisa berdampak tahunan, dan melebihi dana investasi Iklan sebanyak 100K/ hari.

Lalu, berbahagialah anda yang menemukan seorang ahli SEO dan memberikan mand’at kepada anda dan usaha anda sesuai dengan kemampuan beli anda. Sementara manfa’at yang anda terima melebihi niliai investasi anda sampai 3000%. Dari uang jasa yang anda berikan, karena dalam SEO teknik, bukan faktor teknis saja yang paling penting.Tapi ada hal lain tersembunyi seperti pengaruh kata dan kuasa dalam kata-kata yang diperjuangkan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.