Potensi Banten

Potensi sebuah daerah dalam upaya mengembangkan sumberdaya lokal bisa menjadi tidak berdaya ketika sulitnya menemukan potensi pasar yang terukur dan jalur distribusi yang efektif. Lalu bagaimana strategi yang paling mungkin dengan keterbatasan pendanaan untuk melakukan pemasaran melalui jalur formal atau yang membutuhkan modal keuangan yang tinggi? Alternatif teknolgi sa’at ini lah yang, menurut penulis bisa menjadi solusi. Yaitu teknolgi berjaringan global, dimana para wirausaha dimungkinkan untuk membuka cabang dan toko selam 24 jam. Selain itu, kemungkinan bertemu dengan pasar yang sesuai dan konsumen yang membutuhkanpun lebih besar.

Sebagai prosedur awal, menyediakan template webiste sebagai rumah dari sebuah model bisnis, adalah sebuah keharusan. Karena akan sulit bagi sebuah model bisnis jika tidak memiliki alamat digital di jaringan internet. Kenapa alamat digital menjadi penting, karena bagaimanapun, sebagai penyedia jasa dan barang kita berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia yang memiliki lapisan yang komplek dari kejiwaan dan pemikiran yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan.

Infrastruktur Digital

Sehingga yang bisa dilakukan adalah dengan menjadikan website, Sosial Media dan jaringan internet adalah sebuah alat yang mendukung relasi dan komunikasi bisnis yang dibangun atau disebut juga digital optimation (DEO). Pada tulisan sa’at ini penulis mencoba mengulas sedikit bagaimana Banten sebagai basis pertanian dan tenaga kerja bisa memanfa’atkan potensi dan peluang ini, sehingga memberikan dampak balik pada kepentingan pembangunan. Beberapa tahun terkahir pembangunan diprovinsi banten sebagai sebuah daerah yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah, terlihat terstruktur dan masif. Fokus pembangunan yang memang menjadi faktor utama pertumbuhan, bisa dilihat dari infrasturktur dan kebijakan yang berpihak pada pertumbuhan ekonomi kreatif.

Nah sebagai sebuah proivinsi pendukung keberlangsungan ibukota Jakarta, Provinsi Banten sebaiknya menempatkan diri dalam posisi supportif yang tepat dan memadai. Sehingga kesempatan pasar yang tersedia di Ibukota Jakarta sangat mungkin menjadi raung tanpa batas untuk memaksimalkan kesejahteraan rakyat. Sebagai sebuah daerah yang kaya dengan sumber alam dan sumberdaya manusia, Provinsi Banten selayaknya memahami basis kekuatan yang dapat mendukung potensi daerah mereka, karena jika tidak kompetitior daerah seperti Jawa Barat akan mengambil kesempatan ini. Salah satu cara yang mudah adalah dengan menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh calon kelompok pengguna.

Kredibilitas Usaha

Sebagaimana kita ketahui, calon kelompok pengguna ini datang dari berbagai level, bukan saja level retail atau satuan, akan tetapi juga level organsasi berbadan hukum yang memungkin penyedia membuat kerjasama secara intensive dan berkesinambungan. Ya, berkesinambungan dimana pertumbuhan rutin dan pemasukan rutin, jika anda sebagai wirausahawan akan berkata, iya itu yang saya butuhkan. Dengan begitu, kredibilitas usaha dan komitmen pada pekerja bisa dibangun, selain kepercayaan pihak ketiga pada model bisnis yang kita bangun menjadi semakin tinggi dan semakin diakui.

Lalu apa manf’atnya bagi usaha yang mendapat pengakuan dari pihak ketiga. Yup benar, bukan saja faktor kemudahan permodalan dan akses pasar yang akan didapat selain itu, kemungkinan menjadi referensi usaha dan role model usaha lain yang layak ditiru dan dicontoh pun sangat besar. Demikian kemungkinan-kemungkinan positif yang bisa tumbuh dan tuai, Sehingga persiapan dan kesabaran untuk dapat memberikan pengaruh pada pertumbuhan usaha dan model usaha sekali lagi adalah keniscayaan.

Lalu bagaimana Digital Enggine Optimation atau DEO bisa membantu petumbuhan usaha anda? untuk prakti lebih konkritnya hubungi sekarang juga admin visi Media Tara.

Baca Juga: Jasa Internet Marketing Nusa Tenggara Barat

Sumber Foto: Visimediatara.com

Leave a Comment