Apa yang tidak lebih baik ketika, seorang enterpreneur memulai usaha. Lalu dapat melihat pertumbuhan usahanya dan memahami bahwa ide dan konsep usahanya dapat diterima oleh khalyak ramai. Begitulah kiranya cita-cita seorang wirausaha dimana kehadirannya diukur dari bagaimana model bisnisnya mendapat pengakuan dan mendapat apresiasi. Lalu bagaimana caranya?.Beberapa begawan bisnis bilang, ups…, butuh kesabaran dan ketekunan. Dalam membangun sebuah bisnis ternyata tidak hanya kecerdasan yang dibutuhkan. Akan tetapi ketekunan dan kesabaran adalah faktor penentu bagaimana keberlangsungan dan cita-cita nilai yang dibentuk. Bisa diwujudkan dan dirasakan manfa’atnya. Begitulan kira-kira nasehat yang penulis terima dari banyak pelaku usaha, mulai dari kecil sampai yang besar.

Selanjutnya, tulisan internet marketing berbasis daerah ini ditujukan untuk mengeksplore starategi pemasaran yang fokus. Dan kontekstual dengan tujuan membangun komunitas sebagai kelompok penggerak pemasaran. Seperti tulisan sebelumnya Internet Marketing Jawa Timur. Upaya membangun basis pengguna dan konsumen dengan menarget batasan geografis bisa sangat efektif. Memastikan model bisnis yang kita rancang dan konsumen yang ditarget tumbuh dan berkembang berdasarkan ukuran-ukuran yang jelas.

Kepadatan Populasi Sebagai Peluang

Apakah terlalu kecil jika kita menggunakan sebuah kota seperti surabaya sebagai target tersebut. Tentu tidak, dengan luas 374 KM2 dan total populasi 2, 765 Juta pada tahun 2010, sumber wikipedia. Akan memberikaan efek starategis dari persaingan dan pertumbuhan usaha. Penulis mau katakan tentang bagaimana Ibu Risma, walikota surbaya sa’at ini dengan aksi dan prilakunya yang alamiah. Telah menjadi sumber trafik kunjungan pembaca pada berita mengenai kota surabaya dan Jawa timur.

Lalu susul menyusul, walikota banyuwangi bapak Azwar Anas pun tidak lebih dan tidak kurang. Kebaikan yang mereka buat dan bertujuan memberikan layanan pada publik telah menginspirasi pergerakan ekonomi berbasis industri kreatif. Secara definiti juga meningkatkan trafik pengunjung real dan wisatawan yang kadang hanya ingin memastikan. Bahwa apa yang mereka dengan dari media dan juga tersebar melalui jaringan internet bukan bualan atau pencitraan semata.

Prilaku Baik Menginspirasi

Akan tetapi sebuah fakta yang layak ditiru dan menjadi idaman banyak orang. Dua tokoh tersebut diatas, hanyalah contoh bagaimana prilaku baik dapat menjadi sumber inspirasi. Dimana teknologi seperti internet marketing menjadi sebuah alat yang sangat efektif dalam menyebar ide baik tersebut. Penulis bisa katakan, bahwa internet marketing bisa menjadi sangat berguna menebar kebaikan. Akan tetapi juga bisa sangat berpotensi membangun citra negatif baik pada produk dan jasa. Akan tetapi hal ini tidak semena-mena bisa dilakukan karena ada aturan main yang mengatur bagaimana sebuah informasi. Dan berita bisa menjadi bumerang bagi pembuat berita.

Selanjutnya, teknik seperti apa yang ideal bisa dilakukan dalam menggunakan internet marketing. Dan menyasar segment konsumen setingkat kota dengan populasi yang cukup padat?. Dari pengalaman penulis, pertumbuhan pengguna mobile dan smartphone semakin menggila dari informasi yang tersebar dikalangan praktisi. Jumlah pengguna mobile dan smartphone di Indonesia 2 kali jumlah populasinya? Nah Loh….bisa kita bayangkan bagaimana dampak teknolgi komunikasi ini menjadi trend dan gaya hidup. Yang bagi beberapa orang adalah jalan hidup. Dari sisi pemasaran ini adalah peluang pasar, peluang untuk mendidik dan mempengaruhi konsumen, selain juga kesempatan menanamkan pesan dalam siklus hidup konsumen.

Pengguna Samrtphne Melebihi Populasi

Dengan menarget, para penggunan mobile atau smartphone saja, dan dengan menggunakan biaya yang relatif murah, para penjual bisa menyasar hampir seluruh populasi negeri ini. Bukan kah itu menakjubkan? Ditambahlagi pengguna aktif Internet baik dari sisi desktop maupun smartphone yang berjumlah 42,258,824 beinteraksi setiap harinya dengan internet, Apalagi sosial media seperti facebook dan Twiter membuat para marketing menjadi semakin percaya diri memasarkan satu produk dan jasa kepada khalayak. Tentu dengan target segmen yang jelas dan terukur. Dengan pendekatan Internet Marketing, ambisi mendominasi pasar Indonesia dan ekpansi pasar ke negara dan belahan dunia lain sangat dimungkinkan. Oleh sebab itu penguasan teknologi menjadi penting, pun jika tidak menguasainya menemukan penyedia Jasa internet Marketing yang tepat pun menjadi penting.

Baca Juga: Internet Marketing Jawa Timur

Sumber Foto: Visimedaitara.com

Leave a Comment